Mari Bicara Tentang Kaya

By Lyra Puspa On March 20th, 2009

money-02-aseanpreneursningcom
foto : aseanpreneurs.ning.com

Seakan ada dua kubu ketika kita bicara tentang kaya.

Menurut kubu yang satu, untuk mencapai kekayaan diperlukan mimpi yang setinggi-tingginya, tujuan yang jelas, strategi yang terukur, dan kekuatan kemauan yang pantang mundur. Setiap keinginan, mimpi, ataupun tujuan harus tertulis, divisualisasikan sedemikian rupa, dan diinternalisasikan hingga merasuk ke dalam jiwa. Tanpa mimpi, kita tidak akan menjadi apa-apa.

businessman-02Sementara kubu yang lain mengatakan, bahwa kekayaan yang hakiki adalah kekayaan hati, bukan materi. Yang diraih bukan dari pencapaian mimpi-mimpi, tetapi dari ketiadaan keinginan itu sendiri. Karena kaya yang sesungguhnya adalah ketika segala keinginan tidak memperbudak kita. Entah harta, tahta, wanita, ataupun …. (lho, “ta” yang satu lagi apa ya ? hehe, lupa…)

Yang satu menganggap kemerdekaan manusia ketika dia bisa memiliki segala keinginannya. Yang lain memandang kemerdekaan sesungguhnya adalah ketika kita merdeka dari keinginan yang tak berhingga.

Read the rest of this entry »

Mampet Tanda (Mau) Bahagia

By Lyra Puspa On March 17th, 2009

sungai-mampet-imagesariefanwarmultiplycom1
foto : ariefanwar.multiply.com

Hidup bagaikan aliran sungai. Kadang lancar, kadang mampet.

Ketika lancar, itulah saat-saat kita diberi segala kemudahan. Uang mudah didapat, jodoh mudah dicari, pelanggan mudah diraih, anak mudah diperoleh, teman mudah ditemui…

Ketika mampet, persis seperti aliran sungai yang terhambat buangan sampah manusia. Maju enggak, mundur juga nggak bisa. Semua susah, semua sulit. Rejeki seret, jodoh nggak datang-datang, omzet nggak naik-naik, anak bertahun-tahun nggak dapat, teman kok menjauh semua…

macet-02-okezonecom1
foto : okezone.com

Hidup bagaikan jalan raya. Kadang lancar, kadang macet.

Teringat saya suatu ketika hendak bertemu seorang teman lama di kawasan Depok. Rencananya kami akan membahas suatu project bersama yang sedang kami kerjakan. Setelah mengisi suatu seminar di daerah Pasar Minggu, harapan saya… ah, paling lama 1 jam sampai di Depok nih.

Tak dinyana hujan mengguyur begitu derasnya. Mulai memasuki Tanjung Barat, jalan macet luar biasa.

“Wah, terancam sampai Depok berjam-jam lagi nih,” pikir saya.

Semua kendaraan berhenti layaknya parkir. Macet tidak bergerak. Bergerak sih, tapi paling seinci demi seinci. Kalah cepat dengan kura-kura.

Teman saya handphone-nya tidak bisa dihubungi pula. Great ! Lengkaplah sudah kebingungan saya.

Read the rest of this entry »

Mulai Saja Dari Yang Mudah

By Lyra Puspa On March 16th, 2009

easy-wwwdoubleazonecom

foto : doubleazone.com

Seorang teman suatu saat berkata,

“Gile lu ye, bisnis lu banyak amat ! Gue mau donk belajar bisnis ama elu, udah jutek nih gue ngantor mulu tiap hari tapi gaji segitu-gitu aja. Cuma gue bingung nih, gimana cara mulainya ya ?”

Lho, mulai saja dari yang mudah.

Peluang bisnis ada di mana-mana. Masalahnya, sering kali kita terlalu sibuk dengan diri sendiri sehingga melewatkan begitu banyak kesempatan yang terhidang di depan mata kita. Mulailah dari yang paling sederhana. Hal-hal kecil yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari boleh jadi adalah peluang bisnis yang bisa membuat kita sukses luar biasa.

Persis seperti halnya ketika kami mendengar adanya kios di pinggir jalan penuh motor yang sebentar lagi kosong karena ditinggal oleh penyewanya, lalu terbersit ide bisnis cuci dan salon motor GwGuyur. Atau seperti mas Tonton Taufik saat dahulu membangun Rattanland, yang kini beromzet milyaran rupiah, karena melihat banyaknya pengrajin rotan di sekitar tempat tinggalnya. Atau seperti seorang Sukyatno Nugroho, ketika memanfaatkan resep es teler milik mertua yang kebetulan pernah menang suatu lomba menjadi bisnis Es Teler 77 yang kini sudah menggurita ke mana-mana.

________

Seorang teman menghampiri saya,

“Gue bingung deh. Udah ikut kelas entrepreneur bolak-balik, tapi tetap aja susah mulai bisnis sendiri. Gak ada ide euy ! Gimana sih caranya dapet ide bisnis yang oke ?”

Read the rest of this entry »