Menjadi Tuan Rumah Di Negeri Sendiri

By Lyra Puspa On May 4th, 2011

Pada awalnya menyenangkan…

Saya tengah bergumul dengan data-data statistik dalam proses riset untuk penulisan buku kedua dan ketiga, setelah alhamdulillah, buku pertama “Quantum Resign : Formula Aman Berhenti Kerja Jadi Pengusaha” menjadi best seller tahun lalu.

Menyenangkan, ketika mendapati fakta bahwa populasi kelas menengah di Indonesia dan banyak negara berkembang lainnya meningkat pesat selama 10 tahun terakhir. Berdasarkan data SUSENAS 2009, populasi kelas menengah di Indonesia sudah mencapai 93 juta jiwa atau sebesar 42,8% dari total populasi nasional. Sebuah angka yang tidak dapat diremehkan, tentu.

Peningkatan Belanja Otomotif : Ciri Pertumbuhan Kelas Menengah

Peningkatan Konsumsi Otomotif : Ciri Pertumbuhan Kelas Menengah

foto : metrogaya.com

Kelas menengah adalah sebuah kekuatan ekonomi yang dahsyat. Peningkatan populasi kelas menengah berarti peningkatan daya beli sebuah negara secara massal. Tak heran, konsumsi peralatan elektronik, komputer, handphone, otomotif, dan produk fashion terus meningkat, sementara pengunjung kafe, mall, hipermarket, dan convenience store semakin membludak dari hari ke hari. Jakarta menjelma menjadi kota dengan mall terbanyak di dunia. Semua kini bisa puas berbelanja. Terjadi shopping euphoria di negeri tercinta. Yey !

Read the rest of this entry »