Bisnis Dari Rumah atau Bisnis Rumahan ?

By Lyra Puspa On July 25th, 2011

homebusiness2
foto : moneymachinehelp.com

Entah berapa kali media massa mewawancarai saya dengan tema yang serupa : Bagaimana Memulai Bisnis Dari Rumah. Dan entah untuk berapa kali pula, sang jurnalis dalam alur wawancaranya mengarahkan pertanyaannya pada Bisnis Rumahan.

Dan untuk kesekian kalinya selalu saya berkata :
“Hey, tunggu dulu ! Anda menanyakan bagaimana memulai bisnis ‘dari rumah’ atau memulai bisnis ‘skala rumahan’ ?”

Lho, memang beda ya antara bisnis dari rumah dan bisnis rumahan ?
Read the rest of this entry »

Belajar Dari Bu Jumiyem

By Lyra Puspa On July 25th, 2011

Di setiap seminar, workshop, ataupun mentoring bisnis yang diselenggarakan oleh PILLAR, entah berapa ribu kali saya menjumpai wajah-wajah yang bingung dengan cecaran pertanyaan yang nyaris sama : “Bagaimana cara memulai usaha ?” atau “Apa bisnis yang bagus untuk saya ?”

Lho, kenapa harus bingung ? Coba lihat sekitar kita…

bu-jumiyem
Bu Jumiyem di atas motor gerobak sayurnya (foto : KayaDariRumah.com)

Bu Jumiyem namanya. Suatu hari saya bertemu perempuan luar biasa ini sepulng mengantarkan anak-anak ke Sekolah Alam Indonesia di Ciganjur. Ibu dari 2 orang anak ini sehari-hari berprofesi sebagai tukang sayur. Pendidikannya hanya setingkat SD. Sebagaimana layaknya pedagang sayur, setiap hari Bu Jumiyem berangkat ke pasar jam 2 pagi, lalu jam 6 pagi dia mulai berkeliling dengan motor gerobaknya menjajakan barang dagangan sampai sekitar tengah hari. Dalam sehari omzetnya rata-rata mencapai Rp 1 juta, dan menerima keuntungan bersih minimum Rp 100 ribu per hari. Suaminya adalah seorang tukang bakso keliling, mulai bekerja sejak jam 4 pagi hingga sekitar lewat tengah hari, juga berpenghasilan bersih sekitar Rp 100 ribu per hari. Itu minimum lho…
Read the rest of this entry »