Mulai Saja Dari Yang Mudah

By Lyra Puspa On March 16th, 2009

easy-wwwdoubleazonecom

foto : doubleazone.com

Seorang teman suatu saat berkata,

“Gile lu ye, bisnis lu banyak amat ! Gue mau donk belajar bisnis ama elu, udah jutek nih gue ngantor mulu tiap hari tapi gaji segitu-gitu aja. Cuma gue bingung nih, gimana cara mulainya ya ?”

Lho, mulai saja dari yang mudah.

Peluang bisnis ada di mana-mana. Masalahnya, sering kali kita terlalu sibuk dengan diri sendiri sehingga melewatkan begitu banyak kesempatan yang terhidang di depan mata kita. Mulailah dari yang paling sederhana. Hal-hal kecil yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari boleh jadi adalah peluang bisnis yang bisa membuat kita sukses luar biasa.

Persis seperti halnya ketika kami mendengar adanya kios di pinggir jalan penuh motor yang sebentar lagi kosong karena ditinggal oleh penyewanya, lalu terbersit ide bisnis cuci dan salon motor GwGuyur. Atau seperti mas Tonton Taufik saat dahulu membangun Rattanland, yang kini beromzet milyaran rupiah, karena melihat banyaknya pengrajin rotan di sekitar tempat tinggalnya. Atau seperti seorang Sukyatno Nugroho, ketika memanfaatkan resep es teler milik mertua yang kebetulan pernah menang suatu lomba menjadi bisnis Es Teler 77 yang kini sudah menggurita ke mana-mana.

________

Seorang teman menghampiri saya,

“Gue bingung deh. Udah ikut kelas entrepreneur bolak-balik, tapi tetap aja susah mulai bisnis sendiri. Gak ada ide euy ! Gimana sih caranya dapet ide bisnis yang oke ?”

Mulai saja dari yang mudah, sebenarnya.

Dalam banyak kasus, bisnis paling “oke” adalah bisnis yang dimulai dari sebuah hobi. Seperti yang diungkapkan pak Yusef Hilmi ketika menutup rangkaian seminar pada Milad TDA III, mulailah dari yang paling kita cintai. Yakni ketika kita bersedia melakukan sesuatu dengan penuh semangat tanpa dibayar sekalipun. Persis seperti layaknya sebuah hobi.

Karena ada passion di sana. Sebagaimana passion seorang Soichiro Honda ketika membangun bisnis Honda, hingga rela tidur di pabrik ketika ada masalah besar yang harus ditangani. Atau passion seorang Anita Roddick terhadap lingkungan hidup, sehingga melahirkan bisnis kosmetika The Body Shop yang selalu konsisten mendaur ulang kemasan dan tidak menggunakan binatang dalam unsur produk maupun percobaan laboratoriumnya. Atas nama passion terhadap dunia pendidikan dan kewirausahaan pula kemudian terlahir PILLAR, buah cinta saya bersama teman-teman sevisi lainnya.

________

Seorang teman selama bertahun-tahun selalu berkata,

“Gimana sih caranya bisnis ? Gue pengen bisnis tapi gak punya modal, gak punya pengalaman, gak punya keterampilan. Elu mah enak udah biasa bisnis…”

Ya ampyuuuun… Mulai saja dari yang mudah !

Setiap bayi yang lahir ke dunia, mulai dengan satu tangisan. Setiap manusia yang bisa berjalan dan berlari, mulai dengan satu langkah. Setiap penulis novel best seller, mulai dengan satu huruf. Setiap penari yang mempesona, mulai dengan satu gerakan. Setiap pebisnis berskala raksasa, mulai dengan satu tindakan.

Satu langkah nyata. Itu yang sering kali kita lupa. Begitu banyak impian, begitu banyak pilihan, begitu banyak rencana. Sampai-sampai kita lupa, bahwa semua tidak berarti apa-apa tanpa ada tindakan yang nyata.

Bukan besok atau lusa. Tapi, sekarang.

Ya. Sekarang juga.

Atau kita tidak akan pernah menjadi pebisnis kecil, apalagi luar biasa.

Untuk selamanya…

Salam Kaya Dari Rumah.

6 Responses to “Mulai Saja Dari Yang Mudah”

  1. sigsig Says: March 16th, 2009 at 4:14 pm

    nice posting.., hal yang yang paling sulit di dunia ini adalah hal untuk memulai..,itu yang pernah saya alami. sukses mbak.., mbak atau ibu yaa..?? mohon ijin tadi saya add FB nya :D

    Kaya Dari Rumah :
    Silakan mas, tadi udah saya confirm fb-nya. Mau mbak, ibu, tante, terserah… asal jangan panggil om :D

  2. Djafar -Bogor Says: March 24th, 2009 at 7:53 pm

    Alhamdulillah..akhirnya ketemu juga nih blog-nya Mbak Lyra, Salam kenal deh Mbak. saya baru gabung milis TDA sekitar 3 bulan yang lalu, sempat ikut milad TDA ke III kemarin…acara yang luar biasa …

    Ternyata saya baru tau ternyata Mbak ini alumni TIN IPB ya ??? ang 29.
    Nah saya ang 30. sedang merintis bisnis kecil-kecilan, mudah mudahan bisa berguru nih ke Mbak Lyra.

    Kaya Dari Rumah :
    Alhamdulillah, selamat bergabung dg TDA. Semoga memperoleh & saling berbagi banyak manfaat.
    Saya bukan TIN 29, tapi AGB 29… Yuk, mari kita belajar bersama-sama !

  3. wido pratikno Says: March 30th, 2009 at 10:35 am

    salam,semoga menjadi pencerahan dari kebuntuan yg ingin buat bisnis tapi sulitnya minta ampun,banyak ide,tapi untuk gerak kok ya sulit…

    Kaya Dari Rumah :
    Kalau kita pikir sulit, ya biasanya jadi sulit. Kalau kita pikir mudah, insya Allah segala sesuatu menjadi mudah kok…

  4. deassy marlia destiani Says: May 20th, 2009 at 10:18 am

    Ass Wr Wb, Lyra…
    Btw sukses ya buat teman sekelompokku di kel 7 TPB IPB yang udah jadi pengusaha. Are U still remember me? Salut deh sama tulisan-tulisannya dan kerja nyatanya. AKu jadi terinspirasi buat memulai bisnis juga. AJarain ya…!!!! Slam hangat…. Echie…

    Kaya Dari Rumah :
    Wass wr wb. Halo Echie pa kabar ? Wah, aku mah jadi ibu rumah tangga kelebihan energi sekarang hihihi… Yuk, kapan kita mau ketemuan dan sharing ?

  5. berita terbaru Says: September 30th, 2010 at 7:27 am

    trims buat postingani ini, mampir juga ke blog saya ya.

  6. Lela Says: April 20th, 2012 at 4:13 pm

    Keren tulisannya buuu…. Selalu semangat baca tulisan2 ibu :-*

    Kaya Dari Rumah :
    Apa kabar bu Lela ? Wah, terimakasih sudah mampir. Hayuk bu… nulis blog juga tentang perjalanan bisnisnya !

Leave a Reply